A. Pengertian Produk

Produk dalam artian luas mencakup “segala sesuatu yang dapat diberikan kepada seseorang guna memuaskan suatu kebutuhan atau keinginannya.”

Pengertian dan lingkup yang terkandung dalam suatu produk dimulai dari konsep tentang produk yang berkaitan dengan wujud, perluasan, dan unsur -  unsur yang menonjol atau manfaat dan kegunaannya.

Wujud Produk 
ciri – ciri atau sifat fisik produk yang langsung dapat dilihat konsumen, melalui ciri-ciri inilah konsumen dapat membedakan suatu produk dengan produk lainnya meliputi penampilan, gaya, design, ukuran, warna dan sebagainya

Perluasan Produk
Merupakan hal yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan, harga, nama perusahaan, serta siapa yang menyalurkan produk tersebut.

Manfaat Produk 
Merupakan hal yang berkaitan dengan unsur yang menonjol dari produk tersebut, yang meliputi kegunaan dan manfaat yang dapat dinikmati atas penggunaaan atau pemakaian produk tersebut.

B. Produk Perusahaan Penerbangan 

Produk Perusahaan penerbangan meliputi pesawat yang digunakan type of aircraft, rute penerbangan, schedule atau jadwal penerbangan, seat, space, services.

Adapun pelayanan yang diberikan mulai dari sebelum keberangkatan, dimana penumpang memesan tempat (reservation), Pembelian ticket (Ticketing), Check in, Boarding di stasiun keberangkatan, selama penerbangan (in Flight), Stasiun Persinggahan  hingga di stasiun kedatangan.

Berikut Produk Perusahaan Penerbangan :

1. Pesawat yang digunakan

Jenis pesawat yang digunakan (pesawat bermesin jet atau baling – baling, type atau pesawat yang digunakan. Seperti ATR, Cassa, Boeing, Airbus, Mc.Dounal Douglas dan sebagainya.
2. Schedule  atau Jadwal Penerbangan

Jadwal penerbangan meliputi route penerbangan atau kota tujuan yang dilayani, penerbangan langsung (non stop flight), dengan persinggahan (transit) atau perpindahan pesawat (connecting flight), jam keberangkatan, kedatangan.

3. Pelayanan yang Diberikan 

pelayanan di kantor penjualan secara fisik bisa berbentuk kantor maupun secara virtual melalui situs WEB, di Bandara, ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, pelayanan yang diberikan dalam pesawat. Keseluruhan pelayanan tersebut ikenal dengan Pre, In dan post flight services.

C. Service dalam Industri Penerbangan

1. Place atau distribution
2. People atau sumber daya manusia 
Dalam memberikan pelayanan, petugas harus berpenampilan rapi dengan menggunakan seragam (unifrom) yang memudahkan penumpang untuk mengenalinya , serta ramah dan efisien.

3. Equipment atau peralatan yang digunakan : alat yang digunakan dengan tehnologi maju atau internet of things.

4. Communication atau komunikasi
Alat komunikasi yang digunakan merupakan alat dengan tehnologi yang maju dan dapat berkomunikasi dengan khusus antara airlines.

5. Symbols yang digunakan
Simbol sangat penting sebagai trade mark 

Ciri Khusus Angkutan Penerbangan :

  1. Kecepatan tinggi dan daya jelajah yang sangat jauh
  2. Padat modal (investasi tinggi) dan  berteknologi tinggi
  3. Tingkat persaingan sangat tinggi
  4. Merupakan bisnis jasa angkutan sehingga peran pelayanan  sangatlah penting
  5. Mempunyai tingkat resiko yang sangat tinggi

Jenis – jenis angkutan udara 
  • Penerbangan berjadwal
  • Penerbangan tidak berjadwal
  • Passenger airlines
  • Freighter
  • Full service airlines
  • Low cost carrier

Sumber : Agus Irianto,SE., M.M. 2009 Managing Airlines Reservation System,  Rajawali Pers 




1 Komentar

Posting Komentar